Kamis, 22 Desember 2016

PELAYANAN POSYANDU DALAM PENGORGANISASIAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Dalam rangka menuju masyarakat yang adil dan makmur maka pembangunan dilakukan di segala bidang. Pembangunan di bidang kesehatan mempunyai arti yang penting dalam kehidupan nasional, khususnya didalam memelihara dan meningkatkan kesehatan. Untuk mencapai keberhasilan tersebut erat kaitannya dengan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai modal dasar pembangunan nasional.
Pengembangan sumber daya manusia merupakan suatu upaya yang besar, sehingga tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa adanya keterlibatan masyarakat. Hal ini merupakan suatu upaya yang besar sehingga tidak dapat dilaksanakan hanya oleh pemerintah melainkan perlu peran serta masyarakat. Keberhasilan pelaksanaan pembangunan dalam bidang kesehatan sangat tergantung pada peran aktif masyarakat yang bersangkutan


1.2  Rumusan Masalah

1.      Apakah pengertian posyandu ?
2.      Apakah tujuan posyandu ?
3.      Siapa saja yang menjadi sasaran posyandu ?
4.      Apa saja kegiatan posyandu ?
5.      Bagaimana pembentukan dan persyaratan berdirinya posyandu ?
6.      Apa alasan didirikannya posyandu
7.      Bagaimana penyelenggaraan posyandu ?
8.      Apa saja prinsip dasar posyandu ?
           
1.3  Tujuan Penulisan

Untuk mengetahui apa itu Posyandu, apa tujuan dilaksanakannya Posyandu, manfaat dan kegiatan apa saja yang biasa dilakukan dalam Posyandu serta bagaimana cara mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan Posyandu.


BAB II
TINJAUAN TEORI

2.1 Definisi Posyandu
Posyandu adalah pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera).
2.2 Tujuan Posyandu
Tujuan posyandu antara lain: 
  • Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.
  • Membudayakan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera)
  • Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
  • Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.
2.3 Sasaran Posyandu
Semua anggota masyarakat, terutama ibu hamil, ibu menyusui, balita, pasangan usia subur. Cakupan pelayanan sebaiknya sekitar 100 balita (120 KK) atau sesuai dengan kemampuan petugas setempat. 
2.4 Kegiatan Posyandu
  • Pemeliharaan kesehatan bayi dan balita melalui: 
1.      Penimbangan bulanan 
2.      Pelayanan gizi 
3.      Pencegahan terhadap penyakit 
4.      Pengobatan penyakit 
5.      Penyuluhan KB Kesehatan
  • Pemeliharaan kesehatan ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur (PUS) melalui: 
1.      Pelayanan gizi 
2.      Pencegahan terhadap penyakit 
3.      Pengobatan penyakit 
4.      Pelayanan kontrasepsi 
5.      Penyuluhan KB-Kesehatan 
2.5 Pembentukan Dan Persyaratan Berdirinya Posyandu
Posyandu dibentuk dari pos-pos pelayanan kesehatan yang telah ada di masyarakat (meilani,dkk,2009) :
  • Pos penimbangan balita
  • Pos immunisasi
  • Pos keluarga berencana desa
  • Pos kesehatan
  • Pos lainnya yang dibentuk baru.
Syarat-syarat untuk mendirikan Posyandu disuatu daerah (Melilani,dkk, 2009) :
·         Minimal terdapat 100 balita dalam 1 RW
·         Terdiri dari 120 kepala keluarga di wilayah tersebut
·         Disesuaikan kemampuan petugas (bidan desa)
·         Jarak antara kelompok rumah, jumlah kepala keluarga dalam 1 tempat atau kelompok tidak terlalu jauh


2.6 Alasan Berdirinya Posyandu
Posyandu didirikan karena mempunyai beberapa alasan sebagai berikut:
·         Posyandu dapat memberikan pelayanan kesehatan khususnya dalam upaya pencegahan penyakit dan PPPK sekaligus dengan pelayanan KB.
·         Posyandu dari masyarakat untuk masyarakat dan oleh masyarakat, sehingga menimbulkan rasa memiliki masyarakat terhadap upaya dalam bidang kesehatan dan keluarga berencana
2.7 Penyelenggaraan Posyandu
·         Pelaksana kegiatan, adalah anggota masyarakat yang telah dilatih menjadi kader kesehatan setempat dibawah bimbingan Puskesmas
·         Pengelola posyandu, adalah pengurus yang dibentuk oleh ketua RW yang berasal dari keder PKK, tokoh masyarakat formal dan informal serta kader kesehatan yang ada di wilayah tersebut
Pengaturan 

Meja I: Pendaftaran dan penyuluhan 

Meja II: 
·         Penimbangan bayi dan balita. 
·         Pelayanan ibu menyusui, ibu hamil, PUS. 
Meja III: Pengisian KMS. 

Meja IV: 
·         Penyuluhan perorangan pada ibu hamil, menyusui, PUS. 
·         Pelayanan oralit, vitamin A dosis tinggi. 
·         Pemberian tablet besi. 
·         Pemberian pil, kondom, tablet busa. 
Meja V: 
·         Pelayanan KIA (pemeriksaan ibu hamil, pemberian imunisasi). 
·         Pelayanan KB. 
·         Pelayanan pengobatan. 
2.8 Prinsip Dasar Posyandu
  1. Pos pelayanan terpadu merupakan usaha masyarakat dimana terdapat perpaduan antara pelayanan profesional
  2. Adanya kerjasama lintas program yang baik kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, gizi, imunisasai, penanggulangan diare maupun lintas sektoral seperti: departemen kesehatan, bantuan desa dan badan koordinasi keluarga berencana nasional
  3. Kelembagaan masyarakat pos desa, kelompok timbang/pos timbang, pos imunisasai, pos kesehatan
  4. Mempunyai sasaran penduduk yang sama bayi umur 0-1 tahun, anak balita umur 1-4 tahun, ibu hamil, pasangan usia subur
  5. Pendekatan yang digunakan adalah pengembangan dan pembangunan kesehatan masyarakat desa dan primary health care .


BAB III
PEMBAHASAN

3.1    Gambaran Posyandu
3.1.1 Nama dan Lokasi Posyandu
Nama posyandu      :     Posyandu Mawar Indah IV
        Alamat                    :      Jalan Sultan Ageng Tirtayasa RT 03 RW 013
                                               Kel. Kunciran Indah Kec. Pinang Kota Tangerang 15144
       Kader                       :                  Ibu  Sri (RT 02); Ibu Farida (RT 03) dan Ibu Maryani (RT 04) 

3.1.2 Kegiatan Rutin
Hari dan Jam Buka                    :  1 bulan sekali Minggu Ke-2 (hari Kamis), pukul 09.00 s.d 11.00 WIB
Kunjungan                                 :  Setiap warga sekitar RT 02, 03, 04
                                                      RW. 013
Pemberian PMT                         :  Berupa susu, telur, sayur sop, dan bubur kacang hijau
Status Posyandu                                    :  Madya (Kuning)

3.2    Proses Pendirian Posyandu
Dalam proses pendirian posyandu Mawar Indah IV awalnya merupakan inisiatif dari warga sekitar yang menginginkan berdirinya posyandu di desa mereka, perwakilan desa (ketua RT) lalu menyampaikan keinginan warganya kepada bidan desa yang ada di desa mereka, dari bidan desa laporan ini kemudian berlanjut kepada bidan koordinator puskesmas setempat yang selanjutnya membuat perundingan dengan pihak kecamatan sekitar untuk didirikannya Posyandu Mawar Indah IV di desa tersebut.
Setelah disetujui oleh pihak-pihak terkait proses pendirian Posyandu Mawar Indah IV pun berlanjut ke tahap perekrutan anggota. Proses prekrutan ini merupakan proses pemilihan kader-kader  dalam kegiatan posyandu nantinya. Pada Posyandu Mawar Indah IV ini kader yang ada 6 orang (3 orang kader dari masing-masing RT dan 3 pembantu kader yang masih aktif) dengan 1 bidan desa sebagai penanggung jawab. Pemilihan kader ditentukan oleh bidan desa, rekomendasi dari tokoh masyarakat yang telah disetujui oleh bidan desa, atau pun sukarelawan dari masyarakat setempat.
Setelah para kader dipilih dan ditetapkan, proses selanjutnya adalah pelatihan para kader sebelum kegiatan posyadu pertama kali dilakukan. Pelatihan para kader dilakukan secara berkala setiap seminggu sekali sebagai awal pembentukan Posyandu Mawar Indah IV, selanjutnya dilakukan secara berkala setiap 1 minggu sampai 1 bulan sekali. Pelatihan para kader dilakukan di puskesmas desa tersebut dengan total jumlah kader yang mengikuti pelatihan berasal dari seluruh kader yang ada dalam 1 desa tersebut.

3.3 Aktivitas Organisasi
   Sebelum hari H pelaksanaan kegiatan Posyandu Mawar Indah IV dilakukan para kader mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam kegiatan posyandu, seperti vitamin A, makanan untuk PMT yang dananya didapat dari pemberian sukarela warga setempat, bidan desa, atau kader (puskesmas tidak rutin memberikan dana untuk PMT), mengkonfirmasikan kegiatan posyandu yang akan dilaksanakan kepada bidan desa, sampai kepada penginformasian kegiatan posyandu kepada warga sekitar dengan metode awal pemberitahuan melalui surat saat pertama kali Posyandu Mawar Indah IV didirikan dan selanutnya melalui pengumuman di acara arisan RT atau menggunakan pengeras suara yang ada di masjid desa setempat. Pada saat hari H, 1 jam sebelum kegiatan posyandu dilakukan, seorang kader berkeliling desa untuk mengingatkan warga supaya membawa balitanya ke posyandu. 
   Pencarian dana di Posyandu Mawar Indah IV pada awalnya merupakan sumbangan pribadi dari tokoh masyarakat di sekitar posyandu (RT dan RW), serta sumbangan pribadi dari bidan desa. Untuk saat ini dana untuk kegiatan Posyandu Mawar Indah IV sudah mendapatkan subsidi dari pihak puskesmas, walaupun masih ada juga sumbangan dari masyarakat, tokoh masyarakat, serta bidan desa setempat.

3.4 Partisipasi Masyarakat dalam Pemanfaatan Pelayanan
Partisipasi masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan di Posyandu Mawar Indah IV mengalami peningkatan yang cukup baik. Partisipasi masyarakat datang ke posyandu besar, ketika posyandu diadakan. Selain itu para kader dan pembantu kader saling membantu dalam menyediakan makanan tambahan (susu, telur, sayur sop, dan bubur kacang hijau).
Dalam proses pemeliharaan dan pengembangan di Posyandu Mawar Indah IV partisipasi masyarakatnya sudah baik, Hanya beberapa saja yang ikut berpartisipasi, kebanyakan hanya tokoh masyarakatnya saja (itu pun tidak semua tokoh masyarakat ikut serta dalam kegiatan ini). Terkadang hanya para kader saja yang sangat  aktif dalam proses pemeliharaan dan pengembangan posyandu di Posyandu Mawar Indah IV.
Upaya program pengembangan posyandu di Posyandu Mawar Indah IV juga belum sesuai dengan standar  program posyandu, hanya sebatas penimbangan BB bayi & balita, ibu hamil, KB serta pemberian imunisasi.
3.5 Pembinaan oleh Puskesmas
Pembinaan puskesmas setempat terhadap kegiatan posyandu di Posyandu Mawar Indah IV secara keseluruhan sudah baik walaupun masih dirasa kurang. Menurut kader aktif di Posyandu Mawar Indah IV, pembinaan dalam hal pelatihan para kader sudah cukup baik, (sudah dilakukan secara berkala dan teratur) hanya saja dalam hal finansial untuk kegiatan  posyandu  masih sangat minim. Finansial yang diberikan oleh pihak puskesmas masih dirasa kurang untuk menyiapkan segala kebutuhan – kebutuhan sebelum hari H kegiatan posyandu dilaksanakan, sehingga untuk menutupi kekurangan tersebut terkadang para kader harus membantu finansial yang kurang disamping bantuan sukarela dari masyarakat dan bidan desa setempat.





BAB IV
PENUTUP


4.1        Kesimpulan
·   Kegiatan posyandu merupakan kegiatan nyata yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dari masyarakat.
·   Posyandu merupakan usaha masyarakat dimana terdapat perpaduan antara pelayanan professional dan non professional.
·   Pelaksanaan kegiatan posyandu adalah anggota masyarakat yang telah dilatih menjadi kader kesehatan setempat dibawah bimbingan puskesmas.
·   Pengelola posyandu adalah pengurus yang telah dibentuk oleh ketua RW yang berasal dari Kader PKK, tokoh masyarakat formal dan informal serta kader kesehatan yang ada diwilayah tersebut.
·   Penentuan lokasi posyandu haruslah berada ditempat yang mudah didatangi masyarakat, ditentukan oleh masyarakat itu sendiri, dapat merupakan local tersendiri, bila tidak memungkinkan dapat dilaksanakan dirumah penduduk, balai rakyat, pos RT/RW atau pos lainnya.
·   SKDN merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur keefektifan kegiatan posyandu serta membandingkan sistem pelayanan posyandu yang dilakukan setiap bulan.

4.2    Saran
·   Mempertahankan kinerja posyandu di lingkungan RW khususnya di wilayah RW 013 agar tetap baik dan dapat ditingkatkan..
·   Pembinaan puskesmas dalam pengembangan kegiatan posyandu diharapkan lebih baik lagi dengan cara pengalokasian dana bagi tiap-tiap posyandu diwilayah kerja puskesmas.


DAFTAR PUSTAKA

Effendy, Nasrul. 1998. Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Buku Kader Posyandu Menuju Keluarga Sadar Gizi. Jakarta: Direktorat Bina Gizi.
Meilani, Niken, dkk. 2009. “Kebidanan Komunitas”. Yogyakarta : Fitramaya
Notoatmodjo, Soekidjo. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta :PT. Rineka Cipta.

Viewers^^

Visitors, all I want to say thanks! ^^

Flag Counter

Search This Blog

hits

Popular Posts

MUSIC

Profile

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers